JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Urgensi Perencanaan Strategik dalam Meningkatkan Mutu Pendidik di Pondok Pesantren

Rahmatullah, Rahmatullah (Unknown)
Ilyas, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2024

Abstract

Pondok pesantren merupakan organisasi non profit yang mempunyai orientasi dalam ber-jihad fi sabilillah. Oleh karenanya pondok pesantren (pendidik) diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan karena merupakan salah satu perintah dari agama Islam. salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pondok pesantren dalam meningkatkan mutu pendidikannya adalah dengan menggunakan manajemen strategi pendidikan. Oleh karenanya tujuan penelitian ini adalah pertama, mendiskripsikan hakikat perencanaan strategik pendidikan. Kedua, mendiskripsikan hakikat peningkatan mutu pendidik. Dan ketiga mendiskripsikan urgensi perencanaan strategik dalam meningkatkan mutu pendidik di pondok pesantren. Melalui metode penelitian kajian pustaka (library research) penelitian ini mengumpulkan data dari beberapa literatur baik dari buku, jurnal, artikel ilmiah dan lain-lain. Peneliti melalukan analisis data secara mendalam sehingga dapat menemukan dan mengambil kesimpulan penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama hakikat perencanaan strategik pendidikan merupakan langkah-langkah strategis dimulai dari analisis lingkungan internal dan eksternal hingga sistem kerangka implementasi strategis. Kedua, hakikat peningkatan mutu pendidik adalah sistem continuous improvement yang berkelanjutan. Ketiga, urgensi perencanaan strategik dalam meningkatkan mutu pendidik di pondok pesantren meliputi muhasabah dan niat yang perlu diawasi dan di kontrol hingga mampu mencapai tujuan jangka panjang organisasi (pondok pesantren)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...