JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Model Open Ended untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Yolanda, Aura (Unknown)
Luaha, Femi Fembrianti (Unknown)
Zebua, Joner Alfin (Unknown)
Ndraha, Indah Natalia (Unknown)
Silalahi, Taruli Marito (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2024

Abstract

Masalah yang dihadapi saat belajar matematika salah satunya biasanya kurangnya keinginan peserta didik menghadapi pelajaran eksakta tersebut sejak mulai sekolah tingkat dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan solusi dari permasalahan pada proses belajar mengajar matematika di tingkat sekolah dasar. Model Open Ended merupakan salah satu model mata pelajaran matematika. Model tersebut yakni pembelajaran konstruktivistik dengan menghubungkan suatu problem pada pembelajaran. Model open ended diaplikasikan secara bebas dalam pemahami penyelesaian masalah dalam belajar. Metode yang diterapkan pada pencaharian data artikel ini cara mengkaji dan menelusuri beberapa literatur yang sesuai dengan latar belakang yang diteliti, literatur dapat berupa buku, artikel ilmiah, website dan dalam bentuk tulisan lainnya. Dalam pengumpulan data digunakan teknik riset kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis pada peserta didik dalam belajar secara model Open Ended jauh tambah efektif dibandingkan tingkat kebolehan Berfikir KreatifMatematis siswa dengan pemakaian dan penerapan memakai model sederhana Direct Instruction. Didapatkan kesimpulann bahwa model OpenEnded memiliki pengaruh pada kebolehan siswa dalam Berpikir seKreatif dan kemampuan eksakta siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...