Penelitian ini dibuat atas latar belakang permasalahan dari usaha ikan hias Hans Channa yang berkembang perlu mempunyai Buku Panduan yang didalamnya terdapat katalog sebagai pengenal jenis-jenis ikan yang ditawarkan guna mendukung promosi dan mempermudah dalam penjualannya. Perancangan Buku Panduan ini bertujuan untuk menciptakan buku panduan yang menarik serta memudahkan konsumen dalam mengenali produk yang diinginkan. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan cara observasi langsung, mewawancara dan mengumpulkan data berbentuk dokumen, foto, dan bentuk data lainnya yang mendukung penilitian. Perancangan Buku Panduan ini terdiri dari beberapa tahap, mulai dari menetapkan strategi media, memutuskan media yang akan digunakan, program dalam media utamanya, menghitung biaya produksi, menciptakan slogan, menetapkan tipografi, elemen-elemen desain, dll. Perancangan Buku Panduan dan media pendukung lainnya sangat dibutuhkan perusahaan ini untuk mengembangkan usaha dalam mempromosikan produk yang dimiliki.
Copyrights © 2024