JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Tafsir Ayat-Ayat tentang Toleransi dan Relevansinya dengan Pendidikan Multikultural

Ulfa, Ruhmina (Unknown)
Ghofur, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji tafsir ayat-ayat Al-Qur'an yang berhubungan dengan toleransi dan relevansinya dalam pendidikan multikultural. Fokus utama penelitian ini adalah menggali nilai-nilai toleransi yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur’an, serta bagaimana tafsirnya dapat diterapkan dalam konteks pendidikan yang pluralistis. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi pustaka dan disajikan secara deskriptif dengan analisis tafsir tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai toleransi dalam ayat-ayat tersebut mencakup penghormatan terhadap kebebasan beragama, prinsip hidup berdampingan secara damai, serta pendekatan dialogis dalam menyelesaikan perbedaan. Prinsip tersebut meliputi kebebasan beragama dan berkeadilan, prinsip akidah dan keyakinan, dan prinsip tanggung jawab individu maupun kelompok. Implementasi dalam pendidikan multikultural menunjukkan bahwa nilai-nilai ini relevan untuk membentuk karakter siswa yang inklusif, menghargai perbedaan, dan mampu berkontribusi dalam membangun masyarakat yang harmonis. Dengan mengintegrasikan tafsir ayat-ayat toleransi ke dalam kurikulum, pendidikan multikultural dapat menjadi sarana efektif untuk mengajarkan toleransi, memupuk kerukunan dalam masyarakat yang majemuk.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...