Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kebugaran jasmani siswa kelas X di SMKN 1 Semarang yang terdiri dari 30 siswa. Kebugaran jasmani yang optimal memungkinkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam berbagai aktivitas fisik dengan cara yang efisien dan efektif, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup secara keseluruhan. Observasi awal yang dilakukan di SMKN 1 Semarang menunjukkan adanya beberapa masalah terkait kebugaran jasmani siswa, yang terlihat dari pola aktivitas mereka; beberapa siswa lebih banyak menghabiskan waktu duduk, sementara yang lain lebih aktif dalam berolahraga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei yang melibatkan pengukuran kebugaran jasmani melalui tes fisik. Untuk menilai baik buruknya kebugaran jasmani seseorang, perlu dilakukan tes lapangan, di mana tes yang umum digunakan adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik, meskipun terdapat beberapa siswa yang perlu meningkatkan tingkat aktivitas fisik mereka. Pendidikan olahraga di sekolah memberikan kesempatan bagi siswa untuk meningkatkan kebugaran jasmani mereka, sehingga dapat memaksimalkan potensi belajar dan perkembangan mereka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pihak sekolah dalam merancang program kebugaran yang lebih efektif.
Copyrights © 2024