JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Implementasi Metode Delphi dalam Mata Kuliah Berpikir Kritis terhadap Pengambilan Keputusan (Studi Kasus Universitas swasta Cikarang)

Lestari, Graffiera Widya (Unknown)
Lestnando, Georgius Christofano Bagus (Unknown)
Dewi, Kartika (Unknown)
Dasman, Sunita (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Di era globalisasi dan teknologi yang pesat. Dipersiapkan agar mahasiswa dapat menghadapi perubahan sosial, politik dan ekonomi. Mahasiswa diharapkan mampu menyelesaikan permasalahn permasalahan yang ada, dalam berkehidupan sosial ataupun dalam kehidupan sehari hari. Pengambilan Keputusan yang tepat diharapkan bisa terlaksana dalam sebuah penyelesaian suatu masalah. Maka dari itu diharapkan mahasiswa mampu menggunakan metode Delphi dalam melakukan penyelesaian masalah dengan pengambilan Keputusan. Tujuan dari metode ini adalah untuk mengkombinasikan para pakar/ahli terhadap suatu masalah/kejadian. Bepikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki untuk menganalisa, dan menilai informasi secara objektif atau untuk pengambilan sebuah Keputusan, sebagai mahasiswa atau orang terpelajar berpikir kritis sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat membantu dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang pelik dan mencari informasi yang diperoleh dari berbagai sudut pandang. Hasil penelitian Berdasarkan hasil survei pertama menggunakan metode Delphi menunjukan responden menyetujui rekomendasi terkait mata Kuliah berpikir kritis dalam pengambilan Keputusan. melalui teknik Delphi berhasil dilakukan analisis untuk mengetahui seberapa penting mata kuliah berpikir kritis dan kendala apa saja yang sering dihadapi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...