JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Perancangan Buku Ilustrasi Transformasi Karakter Fantasi sebagai Media Pengenalan Hewan Endemik Indonesia untuk Remaja Usia 13-18 Tahun

Zeti, Rahma Dina Ar (Unknown)
Kusumawati, Desiana Nur Indra (Unknown)
Setiawan, Ateng (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Dibutuhkan edukasi tentang pengenalan hewan endemik untuk memenuhi kebutuhan informasi remaja karena banyak jenis hewan endemik di Indonesia yang terancam punah karena aktivitas manusia. Studi ini bertujuan untuk membuat buku ilustrasi sebagai alat untuk mengenalkan hewan endemik Indonesia kepada remaja berusia 13 hingga 18 tahun. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi di Komunitas Hewan Bogor, wawancara dengan wakil ketua komunitas, dosen di Universitas Telkom, dokumentasi, kuesioner, dan sumber lain seperti buku, jurnal, dan internet. Semua sumber ini akan dievaluasi untuk menghasilkan konsep perancangan. Riset digunakan untuk merancang, dan digitalisasi dilakukan setelah itu. Dengan demikian, perancangan buku ilustrasi ini bukan hanya sekadar menyajikan informasi, tetapi juga berfungsi sebagai alat edukatif yang dapat membantu membentuk karakter dan pemahaman remaja tentang keberagaman alam Indonesia. Hasil dari penelitian ini berupa buku ilustrasi sebagai media utama yang membahas sepuluh hewan endemik Indonesia yang sudah ditransformasi wujud menjadi karakter fantasi. Buku ini akan dibuat dengan menggunakan teknik digital painting dan dicetak dengan teknik digital printing. Isi dari buku ini terdiri dari ilustrasi hewan, karakter fantasi, informasi berupa tingkat kepunahan, deskripsi, dan juga populasinya. Juga perancangan beberapa media pendukung seperti gantungan kunci, pin, sticker, kaos, tote bag, photocard, pembatas buku, standing character, spanduk dan standing banner sebagai penunjang dari media utama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...