Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dampak penggunaan instrumen evaluasi berbasis game menggunakan Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas VIII MTs Yati Kamang Mudik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimental dengan desain pre-test dan post-test untuk menilai perubahan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan permainan edukatif.Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil secara acak. Instrumen evaluasi yang dikembangkan mencakup berbagai jenis game, seperti kuis dan permainan mencocokkan yang sesuai dengan materi TIK. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada nilai post-test dibandingkan dengan nilai pre-test, yang menunjukkan bahwa penggunaan metode ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.Selain itu, siswa melaporkan peningkatan motivasi dan keterlibatan dalam pembelajaran ketika menggunakan game. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi game edukatif dalam pembelajaran tidak hanya meningkatkan hasil akademis, tetapi juga menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan instrumen berbasis game sebagai metode alternatif dalam proses pembelajaran di berbagai mata pelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Copyrights © 2025