Banyak individu, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur'an, baik pria maupun wanita. Padahal, Al-Qur'an sebenarnya mudah dipelajari jika ada kemauan, ketekunan, dan niat yang tulus. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana metode Tilawati dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan fokus pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum di Sukoharjo. Dalam penelitian ini, peneliti mengamati kualitas bacaan siswa, yang mencakup kelancaran dalam membaca, penerapan aturan tajwid dengan benar, serta pengucapan huruf sesuai dengan tempat keluar huruf (makhraj). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan metode Tilawati di MI Darul Ulum Sukoharjo berjalan sesuai dengan pedoman yang telah disepakati oleh lembaga Tilawati. Proses belajar menggunakan metode ini melibatkan beberapa tahapan, termasuk kegiatan pembukaan, inti, dan penutupan.
Copyrights © 2025