JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Elemen Bhinneka Tunggal Ika Pembelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Numbered Head Together Di Kelas V SD Negeri 17 Koto Hilalang Kabupaten Agam

Zulfi, Aditra (Unknown)
Zuardi, Zuardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan di lapangan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik karena kurangnya aktivitas belajar yang melibatkan peserta didik dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat kepada guru, sehingga peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan pancasila menggunakan model Numbered Head Together (NHT) di kelas V SD Negeri 17 Koto Hilalang Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu Siklus I terdiri 2 pertemuan dan Siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai pengamat atau observer, peneliti sebagai praktisi atau guru, dan peserta didik kelas V SD Negeri 17 Koto Hilalang Kabupaten Agam yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, modul ajar siklus I diperoleh rata-rata 87,48% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,8% (SB). Kedua, hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 85,9% (B), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 93,7% (SB). Hasil pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 85,9% (B), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 93,7% (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SD Negeri 17 Koto Hilalang Kabupaten Agam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...