JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Strategi Guru dalam Penguatan Pembelajaran Akhlak melalui Metode Cooperative Learning di SMP Muhammadiyah 1 Minggir Sleman Yogyakarta

‘Afiyah, Nur (Unknown)
Sutarman, Sutarman (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Pembelajaran akhlak memiliki peran krusial dalam membentuk karakter siswa, terutama di lingkungan sekolah berbasis Islam. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran akhlak adalah Cooperative Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam mengimplementasikan metode Cooperative Learning dalam penguatan pembelajaran akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Minggir, Sleman, Yogyakarta. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Cooperative Learning diterapkan melalui model pembelajaran berbasis diskusi kelompok, proyek kolaboratif, dan refleksi nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan metode Cooperative Learning dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep akhlak serta memotivasi mereka untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...