JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Interaksi antara Gangguan Psikologi Abnormal Alkoholisme dan Dampaknya terhadap Kesehatan Mental

Ramdini, Andi Suci Meri (Unknown)
Khadijah, Khadijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi interaksi kompleks antara gangguan psikologi abnormal, khususnya alkoholisme, dan dampaknya terhadap kesehatan mental. Fokus utama penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana alkoholisme dapat memperburuk dan dipengaruhi oleh kondisi psikologis yang abnormal, seperti depresi, kecemasan, dan gangguan kepribadian. Melalui pendekatan multidimensional, penelitian ini mengintegrasikan data dari berbagai sumber, termasuk penelitian empiris, studi kasus, dan literatur medis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alkoholisme seringkali berperan sebagai katalisator yang memperkuat gejala-gejala gangguan psikologi abnormal, sementara sebaliknya, kondisi psikologis yang abnormal juga dapat meningkatkan risiko seseorang terjerumus ke dalam perilaku alkoholisme. Dampak terhadap kesehatan mental mencakup peningkatan tingkat stres, penurunan fungsi kognitif, dan penurunan kualitas hidup secara keseluruhan. Selain itu, penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan terpadu dalam penanganan pasien yang menghadapi kesehatan mental yang terpengaruh oleh alkoholisme dan gangguan psikologi abnormal. Temuan ini memberikan dasar untuk pengembangan strategi intervensi yang lebih efektif dan terkoordinasi untuk menangani interaksi kompleks antara alkoholisme dan gangguan psikologi abnormal. Dengan memahami hubungan ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan mental yang lebih holistik dan menyeluruh bagi individu yang terpengaruh oleh dua kondisi ini secara bersamaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...