Journal of Business Education and Social
Vol. 6 No. 1 (2025): Journal of Business Education and Social

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH

Nurdiana, Nurdiana (Unknown)
Saepuloh, Dadang (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) di sekolah menengah memiliki potensi signifikan dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan kewirausahaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh PjBL terhadap kedua aspek tersebut, mengingat pentingnya keterampilan 4C (creativity, critical thinking, collaboration, and communication) dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-experimental One-Group Pretest-Posttest, melibatkan 25 siswa di SMK Teknologi Informatika YPML Tangerang. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan kreativitas dan keterampilan kewirausahaan siswa, dengan nilai signifikansi p<0,05 pada uji paired sample t-test. Temuan ini mengindikasikan bahwa PjBL tidak hanya membantu siswa dalam mengembangkan ide kreatif tetapi juga mempersiapkan mereka untuk tantangan dunia kerja melalui pengalaman praktis. Penelitian ini merekomendasikan integrasi PjBL dalam kurikulum pendidikan kewirausahaan untuk memfasilitasi pengembangan keterampilan yang relevan dan aplikatif di kalangan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JBS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

JBES adalah Journal yang kami dedikasikan sebagai media Publikasi Karya Imiah Dosen, Mahasiswa dan Akademisi serta Praktisi bidang Ilmu Pendidikan Ekonomi, dan ...