Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi guru tentang pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah berpengaruh terhadap Kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 45 Pekanbaru, (2) persepsi guru tentang pelaksanaan kepemimpinan demokratis kepala sekolah berpengaruh terhadap Kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 45 Pekanbaru, (3) persepsi guru tentang pelaksanaan komunikasi interpersonal dan kepemimpinan demokratis kepala sekolah secara bersamaan berpengaruh terhadap Kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 45 Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif. hasil dari penelitian menjelaskan bahwa (1) Komunikasi interpersonal kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 45 Pekanbaru (Fhitung 334,957 > Ftabel 4,196; sig. 0,000 < 0,05).. (2) Kepemimpinan demokratis kepala sekolah juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Fhitung 372,175 > Ftabel 4,196; sig. 0,000 < 0,05). (3) Secara simultan, komunikasi interpersonal dan kepemimpinan demokratis kepala sekolah berpengaruh sebesar 56,2% terhadap kinerja guru, sementara sisanya 43,8% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian.
Copyrights © 2025