JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Persepsi Guru tentang Pelaksanaan Komunikasi Interpersonal dan Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 45 Pekanbaru

Firdaus, Firdaus (Unknown)
Hartono, Hartono (Unknown)
Fitriyadi, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi guru tentang pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah berpengaruh terhadap Kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 45 Pekanbaru, (2) persepsi guru tentang pelaksanaan kepemimpinan demokratis kepala sekolah berpengaruh terhadap Kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 45 Pekanbaru, (3) persepsi guru tentang pelaksanaan komunikasi interpersonal dan kepemimpinan demokratis kepala sekolah secara bersamaan berpengaruh terhadap Kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 45 Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif. hasil dari penelitian menjelaskan bahwa (1) Komunikasi interpersonal kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 45 Pekanbaru (Fhitung 334,957 > Ftabel 4,196; sig. 0,000 < 0,05).. (2) Kepemimpinan demokratis kepala sekolah juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Fhitung 372,175 > Ftabel 4,196; sig. 0,000 < 0,05). (3) Secara simultan, komunikasi interpersonal dan kepemimpinan demokratis kepala sekolah berpengaruh sebesar 56,2% terhadap kinerja guru, sementara sisanya 43,8% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...