Penelitian ini mengeksplorasi pembuatan media pendidikan untuk mata pelajaran Dasar keahlian Teknik Elektronika Industri (DKTEI) yang berfokus pada elemen Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup di SMKN 4 Pariaman, sebuah sekolah menengah kejuruan di kota Pariaman yang menerapkan kurikulum Merdeka. Meskipun kurikulum merdeka telah diterapkan, sebagian besar teknik pembelajaran masih bergantung pada teknik ceramah, yang mengakibatkan kurangnya konsentrasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pendidikan yang berfokus pada canva yang mencakup elemen-elemen seperti hasil pembelajaran, sumber daya, video edukatif, dan kuis yang menarik untuk meningkatkan pengalaman belajar dan mengajar. Teknik penelitian mencakup validasi dari spesialis materi pelajaran dan media, bersama dengan pengujian praktikalitas yang dilakukan dengan siswa. Hasil validasi menunjukkan tingkat validitas yang sangat tinggi dari kedua kelompok ahli, dengan skor rata-rata masing-masing 93,12% dan 90,6%. Pengujian praktis yang dilakukan oleh siswa juga menghasilkan hasil yang sangat praktis, dengan skor rata-rata 87%. Hasil ini menunjukkan bahwa sumber belajar yang dibuat efektif dalam meningkatkan hasil belajar di kelas.
Copyrights © 2025