JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizziz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Budaya di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Padang

Aprilia, Yezi (Unknown)
Sudarman, Yos (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Budaya di SMK PP Negeri Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 dikelas kontrol dan siswa X2 dikelas eksperimen SMK PP Negeri Padang tahun ajaran 2024/2025 dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji data. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa antara penggunaan aplikasi quizziz dan media konvensional selama pembelajaran semester ganjil di SMK PP Negeri Padang. Bukti perbedaan ini diperoleh melalui pengujian hipotesis yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan alpha (taraf kepercayaan) sebesar 0,05. Rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen mencapai 78,03 sedangkan di kelas kontrol hanya 69,10 yang mana selisih antara nilai rata-rata kedua kelas adalah 8,93. Hasil dari uji t menggunakan “independent samples t test” menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis (H1) diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari aplikasi quizziz dalam meningkatkan hasil belajar di kelas X1 dikelas kontrol dan X2 di kelas eksperimen SMK PP Negeri Padang pada semester ganjil tahun ajaran 2025/2026.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...