Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendala dalam pembelajaran Sosiologi, khususnya pada materi Permasalahan Sosial, seperti terbatasnya fasilitas digital dan ketiadaan buku pegangan siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Canflip serta mengukur kelayakan dan kepraktisannya sebagai alternatif solusi. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang melibatkan 29 peserta didik kelas XI-6 SMA Negeri 7 Kota Serang. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan media, sedangkan uji kepraktisan melalui angket siswa. Hasil validasi menunjukkan skor 80,76% (baik) dan 81,33% (sangat baik), sementara uji kepraktisan mencapai 75,60% (baik). Aspek tertinggi adalah desain visual dan aksesibilitas, sedangkan terendah adalah kemandirian penggunaan. Canflip dinyatakan layak dan praktis digunakan, serta dapat menjadi solusi inovatif dalam menunjang pembelajaran di sekolah yang memiliki keterbatasan bahan ajar.
Copyrights © 2025