JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan Media Pembelajaran Canflip Pada Materi Permasalahan Sosial Kelas XI di SMA Negeri 7 Kota Serang

Zahra, Syafira Dwi (Unknown)
Widiansyah, Subhan (Unknown)
Haryono, Haryono (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendala dalam pembelajaran Sosiologi, khususnya pada materi Permasalahan Sosial, seperti terbatasnya fasilitas digital dan ketiadaan buku pegangan siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Canflip serta mengukur kelayakan dan kepraktisannya sebagai alternatif solusi. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang melibatkan 29 peserta didik kelas XI-6 SMA Negeri 7 Kota Serang. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan media, sedangkan uji kepraktisan melalui angket siswa. Hasil validasi menunjukkan skor 80,76% (baik) dan 81,33% (sangat baik), sementara uji kepraktisan mencapai 75,60% (baik). Aspek tertinggi adalah desain visual dan aksesibilitas, sedangkan terendah adalah kemandirian penggunaan. Canflip dinyatakan layak dan praktis digunakan, serta dapat menjadi solusi inovatif dalam menunjang pembelajaran di sekolah yang memiliki keterbatasan bahan ajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...