JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Modul Ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Eksponen

Zainuddin, Zainuddin (Unknown)
Rangkuti, Ahmad Nizar (Unknown)
Adinda, Anita (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Modul Ajar dan LKPD untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswadengan menggunakan model Pembelajaran Bebasis Masalah (PBM) Kelas X MAS BABURROHMAN Desa Terapung Raya materi Eksponen. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas X MAS BABURROHMAN Desa Terapung Raya, berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian Modul Ajar dan LKPD untuk mengukur kevalidan, angketrespon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa untukmengukur keefektifan.Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skorrata-rata Modul Ajar yaitu 4,05 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik dan skor rata-rata LKPD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...