JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan

Saruksuk, Apriya Dina (Unknown)
Rosmaini, Rosmaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain *posttest only control group design*. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, masing-masing 36 dan 35 siswa. Instrumen penelitian berupa tes menulis teks berita dengan aspek penilaian mencakup unsur, struktur, dan kaidah kebahasaan. Hasil menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 81 (kategori baik), sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 62,08 (kategori cukup). Uji-t menunjukkan thitung 7,543 > ttabel 1,66. Hasil ini menunjukkan bahwa model PBL berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks berita siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...