JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Program Kampus Mengajar terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Kelas V SDN 012 Tanjungpinang Timur

Ellahi, Nurnasyila Karania (Unknown)
Dafit, Febrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program kampus mengajar terhadap kemampuan literasi membaca siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Kampus mengajar merupakan suatu program yang diluncurkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), yang bertujuan untuk meningkatkan mutu Pendidikan di Indonesia, dan meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah sasaran yang mana berada di daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah ex post facto dengan design penelitian analisis regresi linier sederhana, dengan menggunakan instrument penelitian kuesioner yang telaha di validasi oleh ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara Variabel X dan Variabel Y, yaitu program kampus mengajar dengan kemampuan literasi membaca siswa kelas V SDN 012 Tanjungpinang Timur, dengan nilai R Square 0,410 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bersifat positif dan cukup kuat antara Variabel X dan Variabel Y. dan nilai R Square sebesar 0,168 menunjukkan bahwa program tersebut memberikan kontribusi sebesar 16,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti penggunaan media dan metode pembelajaran yang menarik dan inovatif, motivasi belajar dan dukungan orang tua. Dan nilai Adjusted r Square sebesar 0,141 memperkuat hasil tersebut, nilai mennadakan bahwa meskipun kontribusi model tidak besar tetapi masih cukup layak digunakan sebagai dasar interprestasi dalam penelitian ini

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...