Penelitian ini mendeskripsikan manajemen Kurikulum Merdeka dalam pendekatan pembelajaran efektif di TK Anak Saleh Lipu. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pendidikan anak usia dini sebagai fondasi perkembangan anak secara holistik serta perlunya manajemen kurikulum yang adaptif dan kolaboratif. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan perencanaan kurikulum dilakukan secara kolaboratif melibatkan beberapa pihak. Pembelajaran dilakukan melalui pendekatan berbasis proyek dan kegiatan bermain yang menyenangkan dan kontekstual. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara berkelanjutan melalui observasi, catatan anekdot, dan portofolio, serta juga melibatkan orang tua. Sarana prasarana yang terbatas tidak menjadi hambatan karena guru memanfaatkan media belajar dari bahan alam dan barang bekas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen Kurikulum Merdeka di TK Anak Saleh Lipu terlaksana secara efektif melalui kolaborasi, kreativitas, keterlibatan orang tua, dan menjadi contoh praktik baik bagi PAUD lain dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara menyeluruh dan menyenangkan.
Copyrights © 2025