JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Promosi dan Lokasi Sekolah terhadap Keputusan Orang Tua Siswa Memilih SMP Surya Kencana Bhakti

Saepudin, Aep (Unknown)
Nuryani, Yusni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

SMP Surya Kencana Bhakti menginginkan dan menargetkan agar jumlah total siswanya terus mengalami peningkatan sesuai jumlah ruang kelas yang tersedia. Namun Kenyataannya jumlah total siswa SMP Surya Kencana Bhakti mengalami penurunan selama tiga tahun terakhir, walaupun telah dilakukan upaya promosi dan lokasi sekolah yang terjangkau, jumlah total siswa belum mengalami peningkatan dan target tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan lokasi sekolah terhadap keputusan orang tua siswa memilih SMP Surya Kencana Bhakti secara individu (parsial) dan bersama-sama (simultan). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 114 orang tua siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan uji instrumen (validitas & reliabilitas), uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas & heteroskedastisitas), uji regresi linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t & uji f) menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan lokasi sekolah berpengaruh signifikan terhadap keputusan orang tua siswa dalam memilih sekolah SMP Surya Kencana Bhakti Bandung, baik secara individu (parsial) maupun secara bersama-sama (simultan). Nilai adjusted R square menunjukkan bahwa promosi dan lokasi sekolah sebanyak 61% mempengaruhi keputusan memilih orang tua siswa dan sisanya 39% dipengaruhi faktor lain diluar variabel yang diteliti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...