Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak harga terhadap volume penjualan Pertamax Turbo di SPBU 24.354.61 Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Dengan meningkatnya persaingan dalam pasar bahan bakar minyak (BBM), perusahaan diharuskan untuk memaksimalkan strategi pemasaran, salah satunya melalui kebijakan harga yang sesuai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penjualan Pertamax Turbo di SPBU tersebut, dengan koefisien regresi sebesar 0,506, yang berarti setiap kenaikan harga 1% akan menyebabkan peningkatan penjualan sebesar 0,506%. Uji t juga mengungkapkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap penjualan, terbukti dengan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel pada tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil ini, disarankan agar SPBU 24.354.61 Kalianda meningkatkan kegiatan edukasi kepada konsumen mengenai kelebihan produk yang ditawarkan serta mengevaluasi strategi pemasaran yang telah diterapkan untuk mencapai target penjualan yang lebih optimal.
Copyrights © 2024