Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pengembangan instrumen penilaian konsep diri terkait kepedulian lingkungan bagi siswa SMP. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru, sementara data tambahan untuk mendukung temuan penelitian diperoleh dari 20 responden, yang terdiri atas 5 guru dan 15 siswa kelas VII, VIII, dan IX di SMPN 22 Surabaya. Penelitian ini berfokus pada aspek kepedulian terhadap lingkungan. Data dikumpulkan melalui beberapa metode, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, serta pencatatan lapangan. Proses analisis data mencakup tahapan reduksi data, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, Berdasarkan dari pemaparan hasil penelitian dan pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrument penilaian konsep diri untuk kepedulian lingkungan bagi siswa SMP sangat diperlukan untuk mempermudah guru dalam menilai peserta didik yang memiliki sikap peduli lingkungan secara efektif dan efisien.
Copyrights © 2025