Sikap tanggung jawab belajar adalah kewajiban untuk menyelesaikan tugas yang telah diterima secara tuntas melalui usaha yang maksimal serta berani menanggung segala akibatnya. Individu yang bertanggung jawab merupakan individu yang dapat memenuhi tugas dan kebutuhannya dirinya sendiri, serta dapat memenuhi tugas tanggung jawab terhadap lingkungannya dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap sikap tanggung jawab belajar siswa MTs NWDI Bagik Polak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pra-experimental dalam bentuk one group pre-test- post-test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan populasi 66 siswa MTs NWDI Bagik Polak dan sampel sebanyak 8 siswa yang memiliki sikap tanggung jawab belajar yang rendah. Analisis data menggunakan rumus t-test, berdasarkan analisa data perhitungan nilai t, dimana nilai t-hitung diperoleh= 9,231 kemudian dicocokkan dengan niali t dalam tabel dengan db (N-1) = 8 – 1= 7 dengan taraf signifikan 5% = 2,365. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar dari t-tabel yakni (9,231>2,365), maka hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima pada taraf signifikan 5%
Copyrights © 2025