JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA

Gamifikasi vs Pendekatan Tradisional dalam Pembelajaran Pencak Silat

Rusdiyanto, Rajip Mustafillah (Unknown)
Hariyanto, Eko (Unknown)
Isnaini, Lalu Moh Yudha (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas pendekatan pembelajaran tradisional dan gamifikasi dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pencak silat. Menggunakan desain eksperimen semu, dua kelompok mahasiswa masing-masing menerima perlakuan pembelajaran berbeda. Data dikumpulkan melalui instrument observasi yang mencakup partisipasi aktif, keterampilan, sikap dan proyek ahir, serta dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil menunjukkan bahwa kedua pendekatan mampu meningkatkan hasil belajar secara signifikan, namun peningkatan lebih besar terjadi pada kelompok gamifikasi. Temuan ini menegaskan bahwa gamifikasi dapat menjadi strategi pembelajaran yang lebih efektif dan menarik dalam konteks pendidikan jasmani., khususnya dalam mengembangkan keterampilan motoric dan partisipasi aktif. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya inovasi pedagogis dan penggunaan teknologi untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpo

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Olahraga is published by STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga are open national scientific journals that collect and disseminate research manuscripts and literature review/articles in the fields of physical education, sports, and health. Multilateral journal ...