Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas pendekatan pembelajaran tradisional dan gamifikasi dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pencak silat. Menggunakan desain eksperimen semu, dua kelompok mahasiswa masing-masing menerima perlakuan pembelajaran berbeda. Data dikumpulkan melalui instrument observasi yang mencakup partisipasi aktif, keterampilan, sikap dan proyek ahir, serta dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil menunjukkan bahwa kedua pendekatan mampu meningkatkan hasil belajar secara signifikan, namun peningkatan lebih besar terjadi pada kelompok gamifikasi. Temuan ini menegaskan bahwa gamifikasi dapat menjadi strategi pembelajaran yang lebih efektif dan menarik dalam konteks pendidikan jasmani., khususnya dalam mengembangkan keterampilan motoric dan partisipasi aktif. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya inovasi pedagogis dan penggunaan teknologi untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna.
Copyrights © 2025