Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan keterampilan motorik bagi siswa penyandang disabilitas yang sering mengalami hambatan dalam aktivitas fisik sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program latihan FITT dengan level moderate terhadap peningkatan keterampilan motorik kasar dan halus pada siswa di SLB Dharma Mulia Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel terdiri dari 16 siswa (13 laki-laki dan 3 perempuan) dengan berbagai jenis disabilitas intelektual. Program latihan FITT dilaksanakan selama enam minggu dengan frekuensi dua kali per minggu. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan motorik kasar dan halus yang telah divalidasi oleh para ahli. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan motorik kasar (p < 0,05) setelah mengikuti program latihan. Demikian pula, keterampilan motorik halus mengalami peningkatan signifikan pada tangan kanan (p < 0,05) dan tangan kiri (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa latihan FITT dengan level moderate berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan motorik siswa disabilitas. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi guru pendidikan jasmani, pelatih, dan terapis dalam merancang program latihan adaptif yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik di sekolah luar biasa.
Copyrights © 2025