Hikamatzu Journal of Multidisciplinary Research
Vol. 2 No. 2 (2025): Multidisciplinary Approach

Penggunaan Media Benda Konkret Untuk Mengembangkan Matematika Permulaan pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ibnu Salamah Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya

Idah Aidah (Unknown)
Euis Cici Nurunnisa (Unknown)
Soni Samsu Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini berfokus pada permasalahan terkait efektivitas dalam meningkatkan mutu pembelajaran matematika permulaan pada anak usia 4-5 tahun di RA Ibnu Salamah yang disebabkan oleh keterbatasan media pembelajaran konkret. Tujuan penelitian adalah mengeksplorasi efektivitas penggunaan media benda konkret dalam mengembangkan kemampuan matematika permulaan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Data dianalisis secara tematik dan divalidasi melalui triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan kredibilitas hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media benda konkret secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep matematika, keterlibatan, dan motivasi belajar anak. Media ini membantu menjembatani konsep abstrak menjadi pengalaman nyata sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak. Kendala yang ditemukan meliputi keterbatasan variasi media dan ruang kelas, yang diatasi melalui kreativitas guru dan dukungan institusional. Implikasi penelitian menekankan pentingnya pelatihan guru dan penyediaan sumber daya yang memadai untuk mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran konkret di pendidikan anak usia dini. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan praktik pembelajaran matematika yang lebih efektif dan kontekstual di lembaga PAUD

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

hjm

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

The Hikamatzu Journal of Multidisciplinary Research stands as a beacon of intellectual exploration and collaboration, providing a scholarly platform for the intersection of diverse fields of study. Rooted in the pursuit of knowledge across a broad spectrum, this esteemed journal fosters a dynamic ...