Hikamatzu Journal of Multidisciplinary Research
Vol. 2 No. 2 (2025): Multidisciplinary Approach

Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita dengan Media Busy Book

Jamjam Jamilah (Unknown)
Euis Cici Nurunnisa (Unknown)
Soni Samsu Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Kemampuan berbahasa merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang perlu distimulasi sejak dini karena menjadi dasar dalam proses komunikasi, berpikir, dan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita dengan bantuan media busy book di RA Al-Hudaedah. Busy book dipilih karena memiliki bentuk menarik, penuh warna, serta dapat disentuh dan dimainkan anak sehingga mendorong keterlibatan aktif mereka dalam kegiatan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA Al-Hudaedah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media busy book dalam kegiatan bercerita mampu meningkatkan partisipasi aktif anak, memperkaya kosa kata, serta mendorong keberanian anak dalam mengungkapkan ide maupun pengalaman pribadi. Anak terlihat lebih fokus, antusias, dan mampu merespon cerita dengan bahasa yang lebih terstruktur. Selain itu, interaksi antara guru dan anak menjadi lebih hangat karena media busy book menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan. Dengan demikian, metode bercerita berbasis busy book dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang efektif, inovatif, dan menarik untuk menstimulasi kemampuan berbicara anak usia dini, sekaligus menumbuhkan rasa percaya diri dan keterampilan komunikasi sejak dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

hjm

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

The Hikamatzu Journal of Multidisciplinary Research stands as a beacon of intellectual exploration and collaboration, providing a scholarly platform for the intersection of diverse fields of study. Rooted in the pursuit of knowledge across a broad spectrum, this esteemed journal fosters a dynamic ...