SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 15 No. 1: Juni 2023

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR

Rahmawati, Sherli (Unknown)
Mardiyah, Ainil (Unknown)
Aima, Zulfitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Hasil belajar matematika yang masih rendah menjadi latar belakangpenelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhpenerapan hasil belajar ranah kognitif siswa kelas VIII SMPN 1 SungaiLimau Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitianeksperimen dengan desainnya Control-group post test only. Teknikpengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling.Hasil penemuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar ranahkognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talkingstick memiliki nilai rata-rata 62,47 dan hasil belajar ranah kognitif siswayang diajarkan menggunakan model konvensional memiliki nilai rata-rata46,64. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan dan dk = 47 diperolehthitung = 2,21 dan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwahasil belajar ranah kognitif siswa yang diajarkan menggunakan modelkooperatif tipe talking stick lebih baik daripada hasil belajar ranah kognitifsiswa yang diajarkan menggunakan model konvensional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...