Pendidikan Bahasa Indonesia pada tingkat kelas XII memiliki peran krusial dalam membentuk pemahaman siswa terhadap bahasa, sastra, dan nilai-nilai budaya. Dalam konteks ini, buku teks memegang peran sentral sebagai sumber materi pembelajaran yang dapat membentuk persepsi dan pemahaman siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis wacana terhadap buku teks Bahasa Indonesia kelas XII dengan pendekatan kritis, untuk mengidentifikasi keberhasilan buku teks dalam menyampaikan materi serta potensi perbaikan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Analisis ini mencakup struktur teks, pemilihan kosakata, konstruksi kalimat, dan aspek wacana kritis, dengan fokus pada bagaimana buku teks tersebut mempengaruhi pemahaman siswa terhadap bahasa dan nilai-nilai budaya.Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memperbaiki dan mengembangkan buku teks Bahasa Indonesia yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan pendidikan di tingkat kelas XII, sekaligus memberikan pandangan lebih luas terkait peran buku teks dalam membentuk pemahaman siswa.
Copyrights © 2023