Jurnal Pendidikan DEIKSIS
Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan DEIKSIS

ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 2 BLAHKIUH KABUPATEN BADUNG DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Murniasih, Ni Kadek (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka diperkenalkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Implementasi Kurikulum Merdeka di tingkat sekolah dasar telah mengalami sejumlah perubahan, dan tentunya, baik guru maupun peserta didik perlu beradaptasi dengan perubahan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan mengamati kesulitan belajar peserta didik pada Kurikulum Merdeka, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Negeri 2 Blahkiuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan melibatkan wawancara dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 22% peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi IPAS, 25% mengalami kurangnya persiapan diri, 20% mengalami kendala terkait metode dan media pembelajaran, 17% menunjukkan sikap yang kurang baik, dan 14% memiliki prestasi hasil belajar yang rendah. Temuan ini menjadi perhatian penting bagi sekolah, guru, dan peserta didik agar dapat meningkatkan implementasi Kurikulum Merdeka, terutama pada mata pelajaran IPAS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

deiksis

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Deiksis merupakan media publikasi dari hasil penelitian dengan focus dan scope pada penelitian tentang bahasa, sastra, dan pendidikan bahasa dan sastra di Indonesia. Penggunaan Deiksis sebagai nama jurnal ilmiah diilhami dari istilah deiksis dalam ilmu linguistik yang berarti ...