Pemahaman karir pada usia dini sangat penting bagi perkembangan individu, terutama siswa Sekolah Dasar (SD) yang mulai menunjukkan minat dan kecenderungan terhadap berbagai profesi. Namun, siswa di SDN Selaendah Desa Sadangmekar masih belum memadai, sehingga dibutuhkan solusi untuk menanggulangi masalah tersebut. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman karir siswa melalui metode Role-Playing Games (RPG) dengan fokus pada siswa kelas 6 di SDN Selaendah. Metode ini diterapkan melalui tahap pembelajaran, pendampingan, observasi, dan evaluasi (pre-test dan post-test). Hasil menunjukkan peningkatan nilai post-test dalam pemahaman karir siswa dengan rata-rata kenaikan skor 0,62 setelah dilaksanakan role play game. Selain itu, metode ini juga berhasil meningkatkan keterampilan sosial siswa seperti komunikasi dan kolaborasi. Dampaknya siswa menjadi lebih antusias dalam belajar dan termotivasi mengeksplorasi pilihan karir. Lebih lanjut, kegiatan ini memberikan dampak positif untuk mitra sekolah sebagai referensi dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran karir yang lebih interaktif dan efektif.
Copyrights © 2025