Jurnal Psikologi
Vol. 3 No. 1 (2025): November

Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa SMK melalui Psikoedukasi Mindfulness dengan Pendekatan Self-compassion

Ipango, Chairunnisa (Unknown)
Puspitasari, Devi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas intervensi psikoedukasi mindfulness dengan pendekatan self-compassion dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas XI Seni Musik 2 SMKN 12 Surabaya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil asesmen awal yang menunjukkan bahwa 52% siswa memiliki tingkat konsentrasi belajar yang rendah, dipengaruhi oleh faktor internal seperti motivasi rendah dan tekanan emosional, serta faktor eksternal seperti lingkungan belajar yang kurang kondusif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest one group design, melibatkan 31 siswa sebagai subjek. Intervensi dilakukan melalui kegiatan psikoedukasi mindfulness yang melatih kesadaran penuh dan penerimaan diri secara positif. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan nilai Z = −3,604 dengan p < 0,001, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest. Sebanyak 64,5% siswa mengalami peningkatan skor konsentrasi belajar setelah intervensi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa psikoedukasi mindfulness dengan self-compassion efektif membantu siswa mengelola stres, meningkatkan fokus, serta membangun sikap penerimaan diri yang positif terhadap tantangan belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. Jurnal Psikologi publishes four issues annually in the months of November, February, May and August. The focus and scope of Jurnal Psikologi include articles concerned with Clinical Psychology, Cognitive Psychology, ...