Abstrak Tujuan dikembangkannya Bahan Ajar berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu untuk mempermudah peserta didik dalam proses belajar mengajar. Membuat suasana belajar menjadi menarik dengan mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman langsung kepada peserta didik terhadap apa yang ada disekitar. Saat melakukan observasi ke sekolah, peserta didik di sekolah tidak menggunakan bahan ajar, peserta didik belajar menggunakan buku tematik yang disediakan disekolah. Oleh karena itu dikembangkan bahan ajar berbasis CTL dengan kategori valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan penegmbangan (Research and Development). Model yang digunakan yaitu model 4D, yang memiliki empat tahap yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Untuk menguji validitas produk dilakukan oleh para ahli menggunakan angket validitas, untuk praktikalitas menggunakan angket yang dinilai oleh guru dan angket efektifitas dinilai oleh peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bahan Ajar berbasis CTL memenuhi kriteria valid dengan nilai 87% dengan kategori sangat valid, untuk hasil praktis 93% dengan kategori sangat praktis dan hasil efektifitas 94% dengan kategori banyak sekali. Jadi Bahan Ajar berbasis CTL ini mencapai kriteria valid, praktis dan efektif. Kata Kunci :Bahan Ajar, Contextual Teaching and learning, 4D
Copyrights © 2024