Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran “SIGADIS” (Diorama Sederhana Gerakan Air Siklus) dalam pembelajaran IPA kelas IV MI/SD khususnya pada materi siklus air. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei cross-sectional yang melibatkan 10 siswa dan 5 guru dari sekolah di Kecamatan Kranggan. Instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran “SIGADIS” sangat tinggi, dengan 14 dari 15 aspek berada pada kategori “sangat membutuhkan”. Siswa menilai media ini mampu menjadikan pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan efektif dalam menjelaskan konsep siklus air. Selain itu, seluruh guru juga menunjukkan kebutuhan yang tinggi terhadap media ini terutama dalam hal pelatihan, desain, dan penggunaan media pembelajaran. Kesimpulannya, media pembelajaran “SIGADIS” sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, memotivasi siswa, dan memudahkan pemahaman konsep siklus air. Oleh karena itu, pengembangan dan penerapan media ini menjadi prioritas untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan.
Copyrights © 2025