Pengabdian ini dilaksanakan di ICC Ladang Kosma, Pahang, bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar perkalian pada siswa kelas 6 menggunakan media Papan Napier. Papan Napier dipilih sebagai media pembelajaran interaktif yang dirancang untuk membantu siswa memahami konsep perkalian dengan cara yang lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan motivasi siswa terhadap matematika. Sebelum penggunaan media, nilai rata-rata siswa hanya mencapai 46,25, tetapi setelah diterapkannya media Papan Napier, nilai rata-rata meningkat menjadi 85. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan matematis siswa tetapi juga membuat pembelajaran lebih menarik. Dengan demikian, media Papan Napier telah terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada anak-anak pekerja di Malaysia. Oleh karena itu, penggunaan Papan Napier sebagai media pembelajaran sangat direkomendasikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Copyrights © 2024