Matematika banyak diterapkan diberbagai bidang masyarakat. Kenyataannya matematika merupakan mata pelajaran yang masih ditakuti oleh kalangan peserta didik berbagai jenjang pendidikan. Siswa sering bingung dalam pemecahan masalah matematika dengan seringnya melakukan kesalahan. Tujuan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah soal cerita materi Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel (PtLSV) berdasarkan prosedur Newman. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian deskriptif kualitatif dalam pengambilan subjek penelitian diambil 3 subjek dari jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang banyak dilakukan siswa meliputi pemahaman (Comprehension) 36% dilanjutkan Keterampilan Proses (Process Skills) 29% , Transformasi (Transformation) 18%, Membaca (Reading) 14% dan Pengkodean (Encoding) 3%.
Copyrights © 2021