Dewasa ini karena Pembelajaran dilakukan dengan tatap muka terbatas yang sesuai dengan SKB 4 menteri, maka diperlukan pengawasan orang tua ketika pembelajaran dilakukan di rumah. Orang tua memegang tanggung jawab serta peran penting untuk terlaksananya pembelajaran ini berlangsung, karena peserta didik akan lebih banyak menghabiskan waktu belajarnya di rumah bersama orang tua dan keluarga. Penelitian bertujuan guna : 1) mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap hasil beajar Matematika Siswa ketika pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. 2) mengetahui besar hubungan peran orang tua pada hasil belajar Matematika siswa ketika pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pengambilan 60 siswa sebagai sampel menggunakan teknik random samplling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket /kuisioner guna mencari data peran orang tua serta dokumentasi guna mencari data hasil belajar matematika siswa. Prosentase dan analisis regresi linier sederhana merupakan Teknik analisis data yang digunakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: a) Presentase peran orang tua tergolong dalam kategori “baik†yakni sebesar 68,97%, serta peran orang tua memiliki pengaruh pada hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan signifikansi Fhitung
Copyrights © 2022