MULTINETICS
Vol. 10 No. 1 (2024): MULTINETICS Mei (2024)

Pengembangan Game Edukasi 3D “MathRoom” Sebagai Media Pembelajaran Bilangan Pecahan Matematika Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Menggunakan Unity Engine

Noorlela Marcheta (Unknown)
Hartanto, Lintang Kirana Putri Hartanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Pandemi COVID-19 berdampak dalam bidang pendidikan, proses pembelajaran berubah dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Inovasi teknologi dalam penyampaian materi saat melakukan pembelajaran secara daring sangat dibutuhkan tenaga pengajar untuk digunakan sebagai media pembelajaran agar materi mudah dipahami siswa, salah satunya adalah game edukasi. Game edukasi 3D “MathRoom” ini bertujuan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas V sekolah dasar dengan visualisasi 3D dan memakai perspektif First Person Controler yang disertai video animasi 2D sebagai penjelasan permasalahan. Dalam pembuatan game “MathRoom” metode yang digunakan adalah metode Game Development Life Cycle (GDLC). Proses pembuatan game ini menggunakan Unity Engine dan bahasa pemograman C# berbasis desktop. Hasil dari pembuatan game ini menunjukan 75% dari 40 siswa menyatakan bahwa game MathRoom meningkatkan ketertarikan siswa untuk mempelajari materi bilangan pecahan setelah memainkannya. Dan 100% dari 40 siswa menyatakan bahwa animasi 2D dalam game MathRoom dapat membantu siswa dalam memahami materi bilangan pecahan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

multinetics

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Multinetics is a peer-reviewed journal is published twice a year (May and November). Multinetics aims to provide a forum exchange and an interface between researchers and practitioners in any computer and informatics engineering related field. Scopes this journal are Content-Based Multimedia ...