Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol. 12 No. 2 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Segmentasi Gender dalam Pasar Kerja Guru PAUD (Studi Kasus di Sidoarjo)

Zalpa MZ, Wahyudhia (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan salah satu pilar pendidikan utama bagi perkembangan anak. Akan tetapi, pasar kerja sebagai pendidik anak usia dini ini didominasi oleh perempuan. Salah satu contohnya adalah di Sidoarjo. Di Sidoarjo untuk satuan pendidikan TK sendiri mempunyai 2,813 guru dan di antaranya hanya terdapat delapan orang guru TK laki-laki. Hal ini menunjukkan adanya ketimpangan gender dalam pasar kerja. Penelitian ini berusaha untuk menjawab fenomen tersebut. Penelitian ini merupakan studi kualitatif dari realita guru TK di Sidoarjo. Teori kekuasaan Michel Foucault dan kapitalisme Karl Marx digunakan sebagai landasan untuk menjelaskan fenomena ini secara teoritik. Hasil penelitian ini menunjukkan wacana yang timbul di masyarakat yang menjadi penyebab utama segmentasi gender dalam pasar kerja ini terjadi. Wacana terkait sikap-sikap keibuan yang dimiliki perempuan, sehingga perempuan dianggap sebagai pengasuh terbaik untuk anak. Kurikulum yang terdapat di TK juga cenderung menguatkan kekauasaan wacana ini. Selain itu, juga ditemukan wacana terkait perempuan sebagai pencari nafkah kedua. Wacana ini membuat perempuan yang bekerja sebagai guru TK mendapatkan gaji yang cukup rendah. Wacana ini cenderung mengeksploitasi perempuan. Wacana- wacana yang ada ini disebarkan dan diinternalisasi ke dalam diri individu melalui berbagai aspek dalam masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...