Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol. 12 No. 2 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Moving Class: Eksplorasi Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 4 Makassar

Utami Wulansari, Sri (Unknown)
Manda, Darman (Unknown)
Torro, Supriadi (Unknown)
Najamuddin, Najamuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menggambarkan penerapan metode moving class dalam pembelajaran sosiologi, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode moving class dalam pembelajaran sosiologi, (3) menganalisis dampak penerapan metode moving class dalam pembelajaran sosiologi di SMAN 4 Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposisive sampling, informan sebanyak 14 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 6 perempuan memiliki kriteria, siswa kelas 3 yaitu ketua kelas, siswa yang rajin masuk dan siswa yang sering membolos. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) gambaran penerapan metode Moving Calss di SMAN 4 Makassar yaitu (a) tahap perencanaan dengan cara mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (b) tahap pelaksanaan yaitu menciptakan suatu transformasi yang menekankan perpindahan ruangan sebagai strategi utama dan (c) tahap evaluasi itu dilakukan secara sistematis untuk mengukur pencapaian kompetensi yang telah ditentukan oleh guru. (2) Faktor pendukung penerapan metode moving class dalam pembelajaran sosiologi yaitu regulasi sekolah dan penerapan pelatihan guru. Sementara itu, faktor penghambatnya seperti minimnya sarana dan prasarana, serta siswa yang tidak bisa dikondisikan seperti ketidakdisiplinan siswa. (3) Dampak penerapan metode Moving Class dalam pembelajaran sosiologi yaitu dampak positif mencakup, (a) peningkatan kemandirian, kerjasama, dan kepedulian sosial, (b) meningkatkan motivasi belajar dan prestasi siswa, (c) terjadinya interaksi sosial ketika perpindahan kelas, (d) pengembangan keterampilan sosial, (e) kebebasan memilih tempat duduk. Selanjutnya dampak negatif, (a) peningkatan peluang siswa untuk membolos lebih besar dan (b) terpotongnya waktu yang di gunakan ketika perindahan kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...