Penelitian ini mengeksplorasi dampak penerapan pembelajaran sistem blok terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan PAIBP di jenjang SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sistem blok terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Buahdua. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa kelas X Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Buahdua. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, deskripsi prosentase, dan analisis data statistik menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil sebesar 0,657 mengindikasikan adanya hubungan yang signifikan antara pembelajaran sistem blok dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Nilai sebesar 4,930 dengan taraf signifikasi 0,000 < 0,05, menegaskan pengaruh signifikan pembelajaran sistem blok terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP. Koefisien determinasi () sebesar 43,2% menunjukkan kontribusi yang cukup besar dari pengaruh pembelajaran sistem blok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP kelas X Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Buahdua.
Copyrights © 2025