Santika : Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi
Vol. 14 No. 2 (2024): SANTIKA

Pengenalan Komponen Perangkat Keras Komputer Berbasis Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless

Fajr, M. Iqbal Fadhiil (Unknown)
Apriandari, Winda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Abstrak — Disetiap sekolah pada zaman ini media pembelajaran masih dilakukan dengan cara manual yaitu dengan menggunakan media gambar, poster dan membongkar perangkat keras komputer yang secara langsung kurang menarik bagi siswa sendiri yang mengakibatkan pada rendahnya daya ingat pada anak – anak. Penulis bertujuan membuat penelitian ini untuk membuat dan merancang media pembelajaran yang umum yakni materi mengenai komponen perangkat hardware pada kompter yang jarang dilihat secara langsung oleh orang-orang. Penulis membuat penelitian ini untuk membuat dan merancang media pembelajaran dengan menggunakan teknologi augmented reality sehingga objek perangkat keras dapat terlihat secara nyata dan meningkatkan minat orangorang terutama pemahamannya terhadap kegunaan dari komponen perangkat keras itu sendiri. Metode markerless merujuk pada pelacakan tanpa menggunakan marker fisik ataupun penanda khusus, dengan menggunakan Metode Markerless pada aplikasi dari media pembelajaran yang dibuat akan menjadi lebih nyaman dioperasikan karena untuk menampilkan object3D nya tidak memerlukan sebuah penanda khusus dan lebih mudah untuk dipahami. Aplikasi media pembelajaran mengenai komponen perangkat keras komputer ini dibangun dan dirancang menggunakan aplikasi Unity3D sebagai game engine. Library augmented reality menggunakan EasyAR SDK dan akan menciptakan hasil dari aplikasi pengenalan komponen perangkat keras komputer berbasis augmented reality dengan menggunakan metode markerless.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

santika

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Materials Science & Nanotechnology

Description

SANTIKA Journal presents scientific information in the form of conceptual and applicative thinking where the scope of the field of study adjusted to the study program within the Faculty of Science and ...