Jurkessutra/Jurnal Kesehatan Surya Nusantara
Vol 12, No 1 (2024): Edisi Januari

PENGARUH PERSEPSI PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN RAWAT INAP TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS RAWAT INAP SIMPANG EMPAT KABUPATEN ASAHAN

Hutagaol, Netty Herawati (Unknown)
Sidabutar, Sondang (Unknown)
Sirait, Paul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Kepuasan pasien perlu diupayakan karena merupakan hal penting yang akan mempengaruhi kualitas layanan kesehatan di Puskesmas. Pengukuran kepuasan pasien relatif mudah dikerjakan dan diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai mutu pelayanan Puskesmas dalam segi persepsi kepuasan pasien. Pessepsi kepuasan pasien berkaitan erat dengan mutu pelayanan. Pengguna jasa pelayanan kesehatan di Puskesmas menuntut pelayanan yang bermutu. Tujuan Penelitian Menganalisa pengaruh persepsi daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), jaminan (assurance), bukti fisik (tangible), empati (empathy), keandalan (reliability) terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Rawat Inap Simpang Empat. Penelitian ini merupakan penelitian survei bersifat analitik menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang bersifat cross sectional. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Rawat Inap Simpang empat Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan, dari bulan Desember 2021 sampai dengan bulan Maret 2022 dengan sample 68 orang. Hasil ada pengaruh persepsi daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), jaminan (assurance), bukti fisik (tangible), empati (empathy), keandalan (reliability) terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Rawat Inap Simpang Empat Kata Kunci, responsiveness, assurance, tangible, empathy, reliability,Kepuasan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurkessutra

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

JURKESSUTRA is published two times a year; in January and Juli, Jurkessutra was published in Indonesia and English. The process of publishing Jurnal Kesehatan Surya Nusantara is conducted through a quick submit since 2012, then is full-online using the Online Journal System (OJS) since 2018 (Vol 7 ...