Dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangat pesat terkait sektor perdagangan, UMKM di Pangkalpinang Bangka Belitung seperti banyak UMKM di wilayah lain menghadapi tantangan dalam memanfaatkan desain grafis untuk meningkatkan daya tarik produk mereka. Sebagian besar pelaku UMKM, khususnya penjual belum memahami cara membuat brosur dan spanduk yang menarik untuk promosi. berbagai masalah dalam memanfaatkan ilmu desain untuk bisnis mereka. Banyak dari mereka yang tidak memiliki pemahaman yang baik tentang cara membuat desain grafis yang menarik dan efektif untuk promosi produk. Hal ini menyebabkan brosur dan spanduk yang mereka buat kurang menarik dan tidak mampu menarik perhatian konsumen potensial. Selain itu, desain kemasan produk yang tidak optimal juga menjadi kendala dalam meningkatkan daya tarik produk dan brand awareness. Pelaksanaa kegiatan ini dilaksanakan melibatkan mahasiswa ISB Atma Luhur Pangkalpinang bekerjasama dengan UMKM di seputaran Pangkalpinang selama 3 hari mulai dari proses pembelajaran desain ke mahasiswa, proses cetak dan implemantasi. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat dalam proses digitalisasi UMKM melalui pembuatan desain digital dan pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi untuk meningkatkan penghasilan bagi UMKM.Kata kunci: UMKM, Desain Digital, Media Sosial.
Copyrights © 2024