Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal el-hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan

PENGARUH PENDIDIKAN PELATIHAN (DIKLAT), KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI ERA PANDEMI COVID-19 : Studi Kasus Pada Guru TK di Kabupaten Brebes Selatan

Verdian Islahi, Moh. (Unknown)
Mukhroji (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan & pelatihan (diklat), kecerdasan emosional, motivasi kerja terhadap kinerja guru TK (Taman Kanak-Kanak) di Kabupaten Brebes Selatan. Penelitian ini dilakukan di Persatuan Guru TK (Taman Kanak-Kanak) di Brebes Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 219 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan metode simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS v.22. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan & pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elhamra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal El-Hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan berfokus pada penerbitan artikel ilmiah yang berkualitas tinggi dan orisinal dalam bidang pendidikan dan kemasyarakatan meliputi: Kurikulum dan penilaian, Teknologi pendidikan, Kepemimpinan pendidikan, Kebijakan pendidikan, Pendidikan inklusif, ...