Perkembangan perbankan syariah di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan perbankan konvensional, padahal mayoritas penduduk Indonesia menganut agama Islam. Salah satu cara untuk meningkatkan penetrasi perbankan syariah adalah dengan memperbaiki kualitas aplikasi bank syariah. Aspek usability menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah aplikasi dan merupakan syarat bagi penerimaan pengguna terhadap aplikasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi usability dari salah satu aplikasi perbankan syariah, yaitu Hijra Bank. Hijra Bank merupakan bank yang masih terhitung baru, sehingga jumlah fitur yang tersedia masih terbatas. Penelitian berfokus pada aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna terhadap aplikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi kuantitatif random sampling dan analisis heuristik berdasarkan ISO 9241-11, dengan penerapan metode Partial Least Square (PLS). Hasil analisis mengidentifikasi hanya variabel statisfication yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap usability. Sedangkan efficiency dan effectiviness memiliki hubungan yang positif tapi tidak signifikan. Nilai ini yang kemudian digunakan untuk memberikan rekomendasi terkait perbaikan fitur dan solusi yang diperlukan. Sehingga penelitian ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi pengembang dalam merancang strategi pengembangan kualitas aplikasi selanjutnya yang lebih baik di masa depan, sebelum semakin banyak fitur dan pengguna aplikasi Hijra Bank.
Copyrights © 2022