Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh permainan tradisional untuk meningkatkan kelincahan dan Vo2Max bagi siswa kelat VII di SMP N 1 Dayun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan desain “two group pretest-posttest†sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan berjumlah 13 siswa pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan T-tes pada taraf signifikan 0,05. Pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Hasil menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh sebelum diberi latihan dan sesudah diberi latihan. Analisis memberikan kesimpulan bahwa terjadi peningkatan sebesar 4,24% untuk tes shuttle run dan 5,97% untuk tes Vo2Max. Dengan demikian hipotesis yang diajukan terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan permainan tradisional terhadap kemampuan kelincahan dan Vo2Max siswa SMP N 1 Dayun
Copyrights © 2023