Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung serta tidak langsung dari persepsi mahasiswa terhadap minat mereka untuk melanjutkan studi di Politeknik Hasnur melalui variabel mediasi promosi. Studi ini menerapkan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian eksplanatori. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi. Sampel berjumlah 72 mahasiswa/i D3/D4 Politeknik Hasnur angkatan tahun 2024, yang diperoleh berdasarkan rumus Slovin dan dipilih melalui teknik probabilitas sampling, khususnya metode simple random sampling. Penelitian ini mempergunakan pendekatan analisis deskriptif serta metode SEM-PLS dalam pengolahan data. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa persepsi memberikan pengaruh positif serta signifikan terhadap promosi, dan berkontribusi secara positif serta signifikan terhadap minat mahasiswa. Selain itu, promosi juga memiliki dampak positif serta signifikan terhadap minat mahasiswa. Lebih lanjut, berdasarkan temuan penelitian mengungkapkan bahwa persepsi berpengaruh secara tidak langsung terhadap minat mahasiswa melalui mediasi variabel promosi. Implikasi praktis dari temuan ini adalah penting bagi Politeknik Hasnur untuk mempertahankan persepsi positif dan mengoptimalkan strategi promosi, khususnya dalam menyampaikan informasi beasiswa pendidikan, guna meningkatkan minat dan jumlah pendaftar sesuai target yang ditetapkan.
Copyrights © 2025